(SCRATCH 9) TUTORIAL MEMBUAT ROCKET
ingat ya
kalau ,kanan itu berarti +
kiri berarti -
up berarti +
down berarti -
kita sekarang akan membuat roket tetapi lebih rumit rumus nya dan lebih panjang
berikut langkah - langkah nya.
jangan lupa pertama - tama kita buat
link nya dulu
link nya dulu
1.seprti biasa kita ganti nama titile menjadi roket
2.hapus sprite kucing nya dengan memakai delete -> -> ->
3.lalu pilih choose backdrop from library untuk memilih atau mengganti background
4.kalau sudah di pilih background kita pilih choose dprite from library kita pilih yang gambar roket ya
5.karena rocket nya terlalu besar kita kecilkan memakai (shrink)
<-<-<-<-ini
6.lalu kita bikin peluru/bom dengan menggunakan paint new sprite.
7.kita akan mencari musuh roket, kita akan mencari nya di (choose sprite from library)
klau sudah di buat kita lanjut
8.klik events lalu pilih (when green flag clicked) jika bendera hijau di klik akan berjalan
9.setelah itu, pilih forever untuk bergerak seterusnya,lalu di dalam forever pilih key right arrow pressed then
10.jadi pada waktu panah kanan panah di klik akan mengikuti
11.sehabistu,bawah nya di kasih move 10 steps untuk berjalan berjarak 10 langkah dan ini sama dengan yang lain yaitu cuma beda move -10 dan itu untuk left arrow
9.setelah itu, pilih forever untuk bergerak seterusnya,lalu di dalam forever pilih key right arrow pressed then
10.jadi pada waktu panah kanan panah di klik akan mengikuti
11.sehabistu,bawah nya di kasih move 10 steps untuk berjalan berjarak 10 langkah dan ini sama dengan yang lain yaitu cuma beda move -10 dan itu untuk left arrow
seperti ini yang untuk left arrow
kita sekarang buat up arrow sama down arrow cara nya sama tetapi ada sedikit berbeda lihat cara berikut ini
12.untuk yang up pilih events klik when green flag clicked
lalu, forever untuk seterusnya
13. pilih if then di dalam nya kasih key up arrow pressed then itu untuk ke atas jika tandah panah kanan di klik akan bergerak
14.kemudian terakhir pilih change y by 10
seterusnya
kalau untuk yang down tinggal di ganti change y by -10
kita sekarang membuat pelurunya
untuk membuat peluru roket nya agak panjang yaitu
15.klik when green flag clicked
16.lalu, pilih go to x: nya itu di kasih sensing lalu pilih x position of spaceship dan y nya itu sama y position of spaceship jadi x position itu akan mengikuti spaceship kemana pun pergi nya
17.langsung pilih hide sementara di sembunyikan dulu peluru nya
18.pilih forever , kita bisa menaro
19. key space pressed then jika kita menekan spasi akan menembak
kita harus menambahkan
20. go to x: x position of spaceship yang y juga begitu y position of spaceship
21. pilih show untuk menampilkan sewaktu kita mengklik spasi akan muncul / keluar peluru nya
22.di bawah nya di kasih repeat until dan di dalam di kasih ( touching adge )jika peluru nya meluncur cuma berhenti samapi ujung saja
23.kasih move 10 steps supaya bergerak 10 langkah
24.lalu, pilih go to x: x position of speship dan y juga sama yposition of spaceship
dan setelah itu,pilih hide untuk menyembunyikan
25. klik when green flag clicked jika bendera hijau di klik akan mengatur arah
dan
26. pilih point in direction untuk mengatur arah
27. forever itu untuk mengulang - ngulang
28.kasih if then maksudnya itu jika kemudian
29. jika a di klik akan membelok ke kanan
30. turn< - <- <- 15 degress untuk membelok ke kanan 15 derajat
31. klik when green flag clicked ( jika bendera hijau di klik akan bergerak)
32. pilih forever untuk mengulang kembali
33. lalu, didalam if di beri key s pressed jika s di klik akan membelok ke kiri
34. turn kiri untuk membelok ke kiri dengan 15 derajat.
SEKARANG KITA BUAT RUMUS MUSUH ROKET
34. kita bisa memilih musuh nya dengan klik
choose sprite from library
musuh nya itu bisa berupa : nenek sihir , hantu ece - ece,dragon,penyihir dll
35. when green flag clicked jika di klik akan bergerak
36. kemudian pilih forever untuk mengulang
37. dan kemudian kasih show di bawah forever untuk menampilkan untuk pergi secara acak sambil meluncur
38. go to x: beri pick random di dalam nya , artinya pergi secara acak
39. klik glide 3 secs itu adalah meluncur 3 detik dan taro
40. pick random di dalam nya
41.when green flag clicked
42.terus pilih , set ( score ) to 0 mengatur score
43.forever ( mengulang) di dalam nya di kasih touching sprite1 then
44.lalu , di bawah nya di kasih change score by 1 maksudnya perubahan score + score dana terakhir di
45.kasih hide untuk menyembunyikan sementara
46. pilih lah when green fleg clicked karena(jika bendera hujau di tekan akan......
47.klik forever seterusnya
48.dan selanjutnya kita pilih wait 0.5 secs untuk ( menunggu 0.5 detik )
49. sekarang kita klik next costume untuk ( untuk mengganti costume )
sekarang kita akan membuat sprite yang untuk game over jika kita kenakan musuhnya
50. pilih events klik when green flag clicked
51. lalu, pilih forever dibawa h forever kasih
52. if( jika) dan di samping kasih
53. touching spaceship artinya sentuhan spaceship di dalam if kasih
54. say buat tulisan ( game over ) for 1 secs berarti mengatakn game over nya 1 detik
55. dan terakhir beri stop all sewaktu permainan nya selesai atau game over
ini rumus yang untuk musuh - musuh nya
<- <- <-
-> -> -> -> -> ->
ini adalah rumus peleru roket
kalu untuk yang ini
rumus untuk roket nya
<-<-<-
kita sekarang buat up arrow sama down arrow cara nya sama tetapi ada sedikit berbeda lihat cara berikut ini
12.untuk yang up pilih events klik when green flag clicked
lalu, forever untuk seterusnya
13. pilih if then di dalam nya kasih key up arrow pressed then itu untuk ke atas jika tandah panah kanan di klik akan bergerak
14.kemudian terakhir pilih change y by 10
seterusnya
kalau untuk yang down tinggal di ganti change y by -10
kita sekarang membuat pelurunya
untuk membuat peluru roket nya agak panjang yaitu
15.klik when green flag clicked
16.lalu, pilih go to x: nya itu di kasih sensing lalu pilih x position of spaceship dan y nya itu sama y position of spaceship jadi x position itu akan mengikuti spaceship kemana pun pergi nya
17.langsung pilih hide sementara di sembunyikan dulu peluru nya
18.pilih forever , kita bisa menaro
19. key space pressed then jika kita menekan spasi akan menembak
kita harus menambahkan
20. go to x: x position of spaceship yang y juga begitu y position of spaceship
21. pilih show untuk menampilkan sewaktu kita mengklik spasi akan muncul / keluar peluru nya
22.di bawah nya di kasih repeat until dan di dalam di kasih ( touching adge )jika peluru nya meluncur cuma berhenti samapi ujung saja
23.kasih move 10 steps supaya bergerak 10 langkah
24.lalu, pilih go to x: x position of speship dan y juga sama yposition of spaceship
dan setelah itu,pilih hide untuk menyembunyikan
25. klik when green flag clicked jika bendera hijau di klik akan mengatur arah
dan
26. pilih point in direction untuk mengatur arah
27. forever itu untuk mengulang - ngulang
28.kasih if then maksudnya itu jika kemudian
29. jika a di klik akan membelok ke kanan
30. turn< - <- <- 15 degress untuk membelok ke kanan 15 derajat
31. klik when green flag clicked ( jika bendera hijau di klik akan bergerak)
32. pilih forever untuk mengulang kembali
33. lalu, didalam if di beri key s pressed jika s di klik akan membelok ke kiri
34. turn kiri untuk membelok ke kiri dengan 15 derajat.
SEKARANG KITA BUAT RUMUS MUSUH ROKET
34. kita bisa memilih musuh nya dengan klik
choose sprite from library
musuh nya itu bisa berupa : nenek sihir , hantu ece - ece,dragon,penyihir dll
35. when green flag clicked jika di klik akan bergerak
36. kemudian pilih forever untuk mengulang
37. dan kemudian kasih show di bawah forever untuk menampilkan untuk pergi secara acak sambil meluncur
38. go to x: beri pick random di dalam nya , artinya pergi secara acak
39. klik glide 3 secs itu adalah meluncur 3 detik dan taro
40. pick random di dalam nya
41.when green flag clicked
42.terus pilih , set ( score ) to 0 mengatur score
43.forever ( mengulang) di dalam nya di kasih touching sprite1 then
44.lalu , di bawah nya di kasih change score by 1 maksudnya perubahan score + score dana terakhir di
45.kasih hide untuk menyembunyikan sementara
46. pilih lah when green fleg clicked karena(jika bendera hujau di tekan akan......
47.klik forever seterusnya
48.dan selanjutnya kita pilih wait 0.5 secs untuk ( menunggu 0.5 detik )
49. sekarang kita klik next costume untuk ( untuk mengganti costume )
sekarang kita akan membuat sprite yang untuk game over jika kita kenakan musuhnya
50. pilih events klik when green flag clicked
51. lalu, pilih forever dibawa h forever kasih
52. if( jika) dan di samping kasih
53. touching spaceship artinya sentuhan spaceship di dalam if kasih
54. say buat tulisan ( game over ) for 1 secs berarti mengatakn game over nya 1 detik
55. dan terakhir beri stop all sewaktu permainan nya selesai atau game over
ini rumus yang untuk musuh - musuh nya
<- <- <-
-> -> -> -> -> ->
ini adalah rumus peleru roket
kalu untuk yang ini
rumus untuk roket nya
<-<-<-
Komentar
Posting Komentar